Cara Budidaya Kutu Air Gampang Tapi Menguntungkan


Budidaya kutu air, hewan penghuni genangan air Ini sebelumnya dianggap sebagai binatang yang tak memiliki faedah tapi kini justru menjadi salah satu potensi usaha yang prospektif.





Bicara ihwal kutu air, mungkin sebelumnya tidak pernah terfikir oleh kita jikalau hewan kecil yang hidup di genangan air ini mempunyai nilai ekonomi tinggi yang bisa menjadi pilihan usaha yang prospektif. Jika tidak percaya Anda bisa mengeceknya sendiri di online shop berapa harga kutu air maka anda akan kaget melihat harganya yang mahal satu kantong plastik mampu dihargai sampai 50ribuan.





Daftar Tulisan


Apa itu kutu air





Kutu air sendiri merupakan sebutan gunakan oleh orang awam untuk memperlihatkan crustacea kecil penghuni air kutu air sendiri Sebenarnya bukan serangga dan juga tidak hidup sebagai benalu dengan kutu air yang hidup di luar air





Ciri-ciri kutu kutu air





Umumnya kutu air hidup di genangan permukaan air dan berwarna coklat kemerahan, Kutu air mempunyai ukuran panjang kurang dari setengah MM berkisar antara 0,2 sampai 6,0 MM cladocera panjangnya dapat meraih 18 mm biasanya kutu air kan phytoplankton dan sisa-sisa makanan hewan lainnya. Habitat alami kutu air, Sebagian besar kutu air atau Cladocera hidup di air tawar mirip di sungai, Rawa, Waduk dan juga selokan dan keadaan ideal bagi kutu air yaitu perairan dengan PH 6,5 hingga 7,5 yang suhu antara 26 hingga 30 derajat Celcius.





Kenapa kutu air diminati





Kutu air atau kutir ialah binatang yang menjadi masakan alami ikan hias Salah satunya yaitu cupang alasannya adalah mereka hidup di lingkungan yang sama yaitu di perairan air tawar, semakin meningkatnya peminat ikan cupang akhir-akhir ini mengakibatkan kutu air selaku binatang yang sering dikejar oleh para pemilik ikan hias tergolong juga ikan cupang untuk dijadikan makanan karena kutu air memiliki kandungan nutrisi yang diandalkan bisa menolong memajukan daya tahan badan ikan. kandungan pada kutu air juga berguna bisa memajukan keindahan pada contoh warna ikan cupang dan menjadikannya menjadi lebih indah.





Makanan utama cupang





Kutu air juga merupakan salah satu masakan alternatif yang mampu diberikan kepada ikan cupang selain pelet, jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah, lalat dan hewan kecil yang lain.





Harga kutu air di pasaran





Tahukah anda kalau kutu air itu mempunyai harga yang mahal, jikalau tidak yakin silakan kalian tanyakan di tempat jual ikan hias terdekat atau juga mampu membuka aplikasi perdagangan online lalu cari kutu air, nanti bakalan heran mengetahui bila harga kutu mampu dibanderol antara Rp5.000 hingga Rp50.000 lebih





Harganya bermacam-macam tergantung jenis kutu airnya untuk kutu air kecil pakan masakan ikan kecil dan burayak harga kutu air dibanderol antara rp6.600 sedangkan untuk kutu air yang super jumbo jumbo red daphnia magna mampu dibanderol harga Rp40.000 hingga rp75.000 per plastik berisi kurang lebih 150 ekor kutu air.





Jenis kutu air yang sering dibudidaya





Umumnya ada dua jenis kutu air yang sering dibudidayakan dijual ialah daphia dan moina.





panduan Cara budidaya kutu air lengkap





Pembibitan kutu air





Bibit kutu air mampu anda peroleh tiga cara, pertama dengan membelinya dari pedagang bisa secara offline ataupun online, mencari di habitat alaminya adalah mampu di danau di waduk di Parit maupun di sawah, dan yang terakhir Anda bisa menjadikannya sendiri.





Cara menciptakan bibit kutu air sendiri





kutu air bergotong-royong bisa diperoleh dengan cara memasukkan sayuran anyir seperti kol, air susu ataupun teh dan ampas kedelai ke dalam air. Caranya yaitu:





  1. kol yang sudah bacin dicuci lalu dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air dan didiamkan selama kurang lebih 1 ahad
  2. Seiring berjalannya waktu kotoran dari sayur tersebut akan dasar bak dan di sana akan muncul bibit kutu air
  3. Agar mampu berhasil ketika melakukan pembibitan kutu air semestinya wadah dihindari dari sinar matahari eksklusif
  4. kemudian tunggu beberapa hari nanti akan muncul kutu air.




Persiapan wadah budidaya kutu air





budidaya kutu air




Sebenarnya untuk budidaya kutu air mampu dilakukan dimana saja mampu memakai bak besar kolam wadah fiber dan media yang dapat memuat air lainnya. Agar Tumbuh dengan subur Kutu air memerlukan kolam dengan perlakuan khusus ialah menetralkan PH pada tanah dan menekan kemajuan kuman patogen dengan cara melaksanakan pengapuran pada dasar kolam apalagi dahulu sebelum dijalankan budidaya.





Cara menetralkan pH dan menghilangkan jamur yaitu:





  • Kolam dikeringkan kemudian didiamkan selama 2 sampai 3 hari hingga kering
  • Lakukan pengapuran dengan 1 sampai 2 KG/M2
  • Tambahkan pupuk air ke dasar kolam untuk merangsang perkembangan Plankton sebagai makanan utama kutu air




Persiapan air untuk budidaya kutu





Isi wadah budidaya dengan air lalu Diamkan selama 2 hingga 4 hari hingga air menjadi coklat kehijauan perubahan warna tersebut ialah menerangkan ton telah meningkat biak sakitnya air mampu ditambah sesuai dengan kebutuhan





Apabila kolom air sudah memenuhi kriteria ditumbuhi oleh plankton anda bisa memasukkan bibit itu air daphnia dan moina ke dalam kolam budidaya, biasanya dalam beberapa hari permukaan kolam akan tampak kemerahan merupakan tanda bila kutu air sudah mulai berkembangbiak dengan usia 7 sampai 11





Pakan untuk kutu air





Sebenarnya kutu Air bisa diberi pakan dari pupuk kandang selain itu juga bisa diberikan pakan tepung terigu, tepung tapioka Dan ragi limbah cair tahu dan eceng gondok





Panen kutu air





Kutu air sudah mampu dipanen Saat memasuki usia 7 hingga 11 hari cara panennya yakni dengan cara memakai saringan teh atau saringan kecil lain anda gunakan untuk mengambil kutu air makan kutu air dicuci terlebih dulu dengan air higienis kemudian dimasukkan ke dalam plastik dan diberi air kemudian diikat dan kutu air siap untuk dipasarkan atau dijual





Cara memasarkan kutu air





Anda bisa menjual kutu air terhadap penjual ikan hias atau menjualnya sendiri bareng dengan ikan hias cupang dan gopi. Atau Anda juga bisa mempergunakan media sosial dan juga online shop mirip Tokopedia Bukalapak atau shopee dan untuk mengiklankan dan menjual kutu air yang anda budidaya.


Comments

Popular posts from this blog

aplikasi manajemen properti Contoh aplikasi manajemen booking hotel dengan laravel

aplikasi membuat mapping Qontak distribusi fitur dimiliki perusahaan wajib

Resep Coto Makassar Orisinil Enak